8 Ide Konten Instagram untuk Brand Pemula

by - 12:38:00 AM

8-ide-konten-instagram-untuk-brand-pemula

"Duh, kehabisan ide konten buat akun brand deh..”

Nah lho, siapa yang sering ngeluh kayak gitu?😩

Nggak bisa dipungkiri bahwa saat ini, content marketing menjadi penting buat brand atau bisnis meningkatkan trafik. Sekalipun yakin produk yang ditawarkan menarik, rasanya belum cukup untuk membuat audiens betah dengan konten yang dibagikan.

Di sinilah rekan-rekan content planner, writer, atau apa pun itu (you named it) memiliki peran. Namun, nggak semua brand mampu meng-hire content planner baik secara in-house maupun freelance, terutama brand baru dengan skala UMKM.

Dalam artikel ini, aku coba merangkum 8 ide konten Instagram untuk brand pemula.

1. The Story Behind

Namanya juga brand pemula. Nggak ada salahnya dong, kenalin brand kamu dan visi misinya. Misalnya nih, kayak kegelisahan apa yang menjadi dasar brand tersebut muncul. Sesuaikan dengan brand identity, ya. Kalau memang brand-nya santai, ya sampaiinnya jangan serius juga.

2. Product Feature & Benefit

Kalau brand kamu punya produk kacamata, bisa upload foto-foto yang secara jelas menampilkan lekukan dan bahan si kacamata. Ini disebut sebagai fitur. Nah, kamu juga bisa menambahkan manfaat dari fitur produk sebagai pelengkap.

3. Corporate Culture

Masih banyak brand yang enggan bikin konten satu ini karena berbagai alasan. Padahal, menimbulkan feeling of being "orang dalam" ke audiens dapat menjadi dasar brand dalam membangun superfans atau tribe. Mulai dari work ethic sampai gimana kebiasaan tim di balik brand tersebut, bisa banget dikemas! Ini berlaku kalau kamu sudah memiliki tim, ya.

4. Tips & Trick

Bisa aja terkait dengan produkmu atau nggak sama sekali. Kalau produknya baju, coba share trik supaya kelihatan lebih berisi atau justru sebaliknya. Nah, kalau nggak mau terkait produk, kamu boleh juga share tip memulai hari lebih bahagia. Gampang, kan?

5. Bikin Challenge Seru atau Bermanfaat

Alih-alih bikin giveaway melulu, cobain deh, bikin challenge kecil-kecilan. Kayak misalnya, challenge satu hari tanpa ngeluh, terus dibikin hashtag-nya. Minta audiens kamu mention di Instagram Story, gimana pengalaman mereka setelah coba challenge ini. Nggak ada salahnya kalau emang brand kamu malah mau ngasih reward berbentuk product gift atau voucher.

6. Testimoni

Selain authentic, pengakuan dari orang lain tentunya akan menambah trust dari brand itu sendiri. Ini juga bisa diolah sebagai bentuk apresiasi brand kamu terhadap konsumen. Gak muluk-muluk mengkonversi mereka menjadi loyal customer, tapi... ngarep dikir bolehlah, hihi.

7. BTS Content

Kalau kamu mampu produksi konten video atau photoshoot, sempetin juga buat ambil foto dan video behind the scene. Konten seperti ini biasanya mampu membangun keterikatan emosional tersendiri dengan audiens. Lagi-lagi, akhirnya bisa menimbulkan feeling of being "orang dalam" yang membuar mereka semakin merasa sebagai yang paling tau tentang brand kamu.

8. Promo Content

Mulai dari cashback sampe diskon, kamu perlu banget untuk merancang konten promo. Ini merupakan pendekatan marketing yang ampuh untuk "mengetuk" keputusan pembelian si calon konsumen karena merasa mendapatkan keuntungan instan pas lagi belanja.

Gimana? Menarik kan? Semoga 8 ide konten Instagram untuk brand pemula ini bisa membantu kamu, ya!

You May Also Like

2 comments

  1. Nah, bisa dicoba nih konten-konten ini aku lebih sering share tips and trik yang pasarnya luas dan banyak diminati. Untuk konten yang lain bisa dicoba juga kayaknya, terima kasih idenya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama Kak Anisa! Ini bisa diimplementasiin buat bisnis UMKM ataupun brand tempat kita bekerja. Semoga membantu.

      Delete