Sama-sama "Cuma" Nulis, Apa sih Perbedaan Content Writing dan Copywriting?

by - 12:40:00 PM

Perbedaan Content Writing dan Copywriting

Belasan tahun lalu, jika orang yang memiliki bakat menulis dan bercita-cita memanfaatkan kemampuannya untuk sebuah pekerjaan, mungkin profesi yang dapat diambil sangat terbatas. Entah itu penulis buku, script writer, peneliti, hingga jurnalis. Berbeda dengan saat ini, menulis bisa menjadi profesi dalam berbagai bentuk. Khususnya dalam dunia bisnis dan branding, ada dua bidang yang kebutuhannya cukup tinggi yaitu content writing dan copywriting. Namun, masih banyak yang bingung dalam membedakan keduanya. Sebenernya, apa sih perbedaan content writing dan copywriting?


1. Konten Informatif vs Konten Komersil

Content writing biasanya dibuat dalam bentuk konten artikel. Meskipun, saat ini berbagai kontennya bisa berbentuk postingan media sosial, sifat dari konten yang dihasilkan adalah informatif. Maka dari itu, biasanya konten ini cukup panjang. 

Sementara itu, copywriting adalah kepenulisan yang dilakukan untuk mengiklankan sebuah produk atau jasa. Mulai dari slogan, tagline, nama brand, campaign, dan kebutuhan branding lainnya, biasa dilakukan oleh seorang copywriter.

2. Membangun Kepercayaan vs Menarik Konsumen

Dengan panjang konten yang mumpuni, content writing bertujuan untuk memberi informasi sekaligus membangun kredibilitas dari brand. Mulai dari blog, konten carousel di Instagram, hingga podcast.

Sementara itu, copywriting bertujuan untuk menghasilkan konversi baik jangka pendek maupun panjang. Konten yang dihasilkan fokus pada penjualan, iklan, klik, landing page, dan lainnya.

3. Detail vs Headline

Gaya penulisan content writing biasanya jelas dan menjawab 5W+1H. Gak jarang, hasilnya sangat mengimplementasikan kaidah bahasa dan jurnalistik. Sementara, copywriting cenderung kreatif dan bebas. 

Sekarang, udah jelas kan perbedaan content writing dan copywriting? Kalo tulisan blog ini tergolong apa ya?

You May Also Like

1 comments

  1. jadi tujuan copywriting adalah omset atau penjualan ya. aku nangkapnya sebatas itu aja

    ReplyDelete