5 Trik Makin Produktif Kerja dari Rumah

by - 11:38:00 PM

Gara-gara pandemi, akhirnya kantor-kantor mulai terbiasa mengadaptasi budaya kerja hybrid atau malah full WFH. Dan, aku dan pasangan pun kayak gitu. Sebagai pasutri baru, kita juga belum ada niatan buat balik kerja ke kantor karena emang dari perusahaan masing-masing masih mengimplementasikan kerja dari mana aja. Akhirnya, dari yang aku ngerantau, jadinya bisa balik ke rumah di Medan.

Enak sih, kerja dari rumah. Gak perlu siap-siap berangkat kerja dan macet-macetan di jalan. Tapi, bosennya, ada banget! Soalnya, apa-apa jadinya ngerjain sendiri. Temen ngobrol pun, palingan suami sendiri. Bener-bener definisi 24 jam bareng sama pasangan, kadang kalo lagi sama-sama meeting online tuh jadinya salah satu harus ngalah.

Semua ada konsekuensinya, ya. Dan ini dia 5 trik makin produktif kerja dari rumah.

1. Jadikan suasana kerja lebih estetik

Ada beberapa hal yang tentunya bisa bikin kerja kita tuh makin produktif meski di dalam rumah dalam waktu yang lama. Minimal banget tuh, bikin meja kerja jadi lebih nyaman dan estetik tanpa meninggalkan fungsinya itu sendiri. Dekor ulang kamar dan tata barang-barang jadi lebih rapi dan lega buat kerja. Aku sendiri suka sama wewangian dan selalu beli aroma baru untuk diffuser karena bener-bener bisa ngedukung mood tiap harinya.

2. Bikin list pekerjaan harian dan gak lupa olahraga

Gak sedikit orang yang beranggapan kalo kerja dari rumah itu = leha-leha. Padahal ini balik lagi ke mindset personalnya. Aku sendiri selalu menerapkan bikin list pekerjaan harian H-1 sebelum hari tersebut. Jadi saat di pagi hari, aku udah tau apa aja yang harus aku kerjain.

Selain itu, aku juga subscribe gym biar gak males-malesan buat olahraga. Tiap hari biasa di rumah, akhirnya bikin badan berasa mager buat ngelakuin berbagai hal. Nah, biar makin produktif, jangan skip yang namanya olahraga, deh. Gerakan simpel pun, bisa bikin pikiran fresh dan ngerasa nyaman sama diri sendiri.

3. Bikin kegiatan online sama temen-temen

Meskipun ketemu temen secara online dan ujung-ujungnya ngomongin kerjaan, aku selalu coba luangin waktu lain sama mereka buat main games dan fun activities lainnya. Bahkan, di kantor pun, sebelum memulai hari, di beberapa waktu kita bikin morning huddle di mana saling cerita hal-hal menarik dimulai dari pertanyaan. Misalnya, kalo terlahir jadi binatang, bakal milih jadi apa. Jawaban-jawaban ini juga bisa bikin kita makin kenal dengan rekan satu sama lain. Pokoknya, tetep bisa seru!

4. Pindah-pindah tempat kerja

Meskipun di rumah, gak jarang ada aja rasa bosen kalo bekerja di dalam kamar terus menerus. Ada kalanya, milih kerja dari kafe atau co-working space. Selain mengatasi kebosenan, pindah-pindah tempat kerja ini juga bisa bikin kita makin kreatif, lho. Sayangnya, kadang kafenya berisik dan bikin kurang proper buat online meeting. Selain itu, kalo keseringan, ya bakal bikin boros banget karena seharian harus makan minum di luar.

5. Rencanakan rumah dengan suasana yang mendukung

Buat aku dan pasangan yang bakal kontinu kerja WFH, salah satu alternatif yang terbaik adalah ngerencanain punya rumah di Medan dengan suasana yang mendukung. Kalo bosen di meja kerja, bisa bawa laptop ke ruang keluarga dan ngelihat sinar matahari dari luar. Kalo pasangan juga lagi online meeting, salah satu bisa kerja dari gazebo aja. 

Contoh rumah di kota Medan yang punya konsep indoor dan outdoor kayak gini adalah Givency One, salah satu perumahan dari developer ternama Wiraland dengan tipe rumah terbaru mereka yang spesifikasinya sangat mendukung untuk kegiatan work from home.

Setelah sukses dengan  tiga cluster pertama yang habis terjual, Givency One kini merilis cluster terbarunya, Kenzo "The Living Of Now" sebagai hunian eksklusif dengan unit terbatas. Lokasinya sangat dekat dari gerbang utama.

5 Trik Makin Produktif Kerja dari Rumah
Bagian Facade Tipe Kenzo dari Givency One

5 Trik Makin Produktif Kerja dari Rumah
Pemanfaatan ruang kerja di tipe Kenzo

Pemanfaatan ruang keluarga rumah Givency One Medan tipe Kenzo

Di samping interior yang bener-bener ngedukung produktivitas buat kita yang WFH, rumah tipe Kenzo dari Givency One ini dilengkapi fasilitas danau dan gazebo yang bisa kasih suasana baru dalam bekerja. Yang pastinya, taman-tamannya juga asri banget, sih. Dan serupa dengan tipe perumahan eksklusif lainnya, ada juga fasilitas club house, kolam renang, children park sampai lapangan basket yang ngedukung kita buat dapet lingkungan yang sehat dan bikin semangat buat olahraga.

Fasilitas kolam renang di Givency One Medan

Untuk lokasinya sendiri, perumahan di Helvetia ini terletak di Jalan Gaperta Ujung, Medan. Lokasi yang super strategis untuk dijangkau dari berbagai sudut kota Medan, hanya hitungan menit dari Mall Manhattan, area Ringroad, dan sangat dekat dengan pintu tol Helvetia Medan.

You May Also Like

8 comments

  1. Pas kerja di rumah itu bawaannya memang pengin santai, rebahan, dan kebawa suasana nyaman malah tidak mengerjakan apapun. TIm sering menunda. Memang perlu membangun suasana kerja yang menyenangkan kalau di rumah. Pas banget ini triknya, terima kasih informasinya!

    ReplyDelete
  2. Kalau runut dari tips yg Funny sarani, memang Givency One tipe Kenzo ini paling pas lah mendukung pelaku WFH ya kan~

    ReplyDelete
  3. makasih triknya kaak. biasanya suka males buat suasana rumah jadi estetik, padahal pengaruhnya jangka panjang :D

    ReplyDelete
  4. Bikin list dan berolahraga. Sulit kali awak jalankan dengan konsisten. Mangatzzzz. Mumpung masih januari. Huhuhuhu.

    ReplyDelete
  5. Setuju, ngga lupa olah raga. Tinggal beli tredmil aja letak di ruang kerja udah fix ngga usah kemana-mana lagi. Makin betah di rumah

    ReplyDelete
  6. Trik nya mmg ya pas kali untuk kita. Dapat rekomendasi pilihan rumah impian wfh gini dahhh. Makasih ya

    ReplyDelete
  7. Betah banget seharian di rumah kalau rumah nyaman dan estetik gini, kalau bosen bisa keluar dikit keliling komplek yg fasilitasnya oke banget

    ReplyDelete
  8. Perlu pindah-pindah tempat kerja biar gak bosan dengan suasananya ya mbak.

    ReplyDelete